Optimalisasi Dokkes Prima Melalui Implementasi Dokkes 1 Peta

 

Pembina dr.jekson simanjuntak,MARS peserta  PKN (pelatihan kepemimpinan Nasional) TK II  . Pusdikmin-LAN

POL – Proyek perubahan ini dilatarbelakangi adanya isu strategis yang dicanangkan presiden jokowi 2015 yaitu  one map policy  (1 peta kebijakan). Renstra pusdokkes polri tahun 2020 -2024  dengan sasaran strategisnya modernisasi tehnologi dengan membangun big data . Juga selaras dengan  Program kapolri Membangun SDM Polri yang unggul dengan penilsian 13 komponen dalah satunya nilai kesehatan, dimana personil polri yg akan naik pangkat/golongan, promosi jabatan, ikut seleksi untuk pendidikan pengembangan  di biddokkes/rumah sakit bhayangkara manapun  periksa kesehatan  data kesehatannya bisa dibuka di pusdokkes polri.

Latar belakang berikutnya indonesia yg rawan konflik dan bencana dengan beresiko seringnya suatu disaster dengan korban massal. Akan dengan mudah dilakukan pemberian bantuan /pengiriman tenaga kesehatan ke lokasi dengan membuka data didokkes1peta.

Selain itu biddokkes dan rumkit2 bhayangkara tersebar diseruruh indonedia..datanya disatukan dengan dokkes1 peta. Jumlah personil polri yg hampir 438 ribu tersebar diseluruh indonesia  data hasil pemeriksaan kesehstannya diinput kedalam dokkes1 peta.

Yang sangat penting adalah peta geomedicine  kita bisa mengetahui peta kekuatan sdm sarana prasarana/tehnologi yg dimiliki rumah sakit bhayangkara msupun rumah sakit non polri yg disekitar.. kegunaanya jika terjadi suatu disaster dengn korban yg sangat banyak kita dengan mudah memilah korban sesuai dengn perlukaan yg didapat.. jadi dari tempat kejadian kita sudah bisa mengarahkan kerumsh sakit mana hrs dibwa agar tdk terjadi penumpukan korban disatu rumah sakit.

Dengan dokkes 1 peta ini semua data2 kesehatan dipusdokkes pokri dan jajaran akan diintegrasikan sehingga pimpinan dengan mudah memotnitor dari ruang comand center pusdokkes polri.  Saat ini dokkes1peta memiliki server di Divtik mabes polri.

Maanfaat dokkes1peta..akan kebih cepat.tepat dan mudah dalam mengakses data dokkes jajaran yg dioerlukan.. tdk ada lgi data ganda.. dengan mudah memetakan pemerataan pembangunan sarana kesehatan dokkes diseluruh indonesia. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *