BNNP Sulbar Ungkap Jaringan Narkoba Libatkan Mahasiswa Berprestasi

POL – Peredaran gelap narkoba di Provinsi Sulawesi Barat semakin memprihatinkan.
Kali ini BNNP Sulawesi Barat mengamankan 5 (Lima) orang tersangka, seorang diantaranya mahasiswa berprestasi.

“Mereka diamankan pada lokasi terpisah bertahap sejak awal tahun 202″ ujar .
Kepala BNNP Sulbar Brigjen Sumirat Dwiyanto kepada presidenonline.com Senin(5/4) malam.

Menurut Sumirat, kelima
tersangka berhasil di ungkap berkat informasi dari masyarakat melalui call Centre BNNP
selanjutnya di tindaklanjuti bersama tim penindakan dan pengejaran (Dakjar) BNNP Sulbar.

Tahapan pengungkapan ini mengumpulkan anggota tim pemberantasan dan melakukan penyelidikan mendalam sehingga kami berhasil mengungkap tersangka pertama yakni YS dengan di Desa Mekkatta Kab. Majene yang membawa plastik kecil yang diduga berisi narkotika jenis shabu.

Kemudian dikembangkan ke tersangka RS yang diamankan di Simboro Mamuju” Terang Brigjen Sumirat
dikarenakan bencana alam gempa bumi yang melanda Mamuju dan Majene pengembangan kasus sempat tertunda namun dengan kerja keras tim terus dilakukan pendalaman dan akhirnya di ungkap 2 orang tersangka lagi yakni RH dan HM pada Minggu tanggal 21 Februari 2021 di desa Lagi Agi Kec Campalagian Kab. Polman.

Mantan juru bicara Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengatakan paska bencana alam gempa bumi petugas terus melanjutkan penyelidikan dan berhasil mengetahui sumber barang haram narkotika yang di peroleh tersangka yang di tangkap sebelumnya di Kecamatan Campalagian Tim Dakjar melakukan penangkapan kepada dua orang tersangka namun satu diantaranya melakukan perlawanan dan diberi peringatan oleh personil tidak mengindahkan dengan terpaksa anggota memberikan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan yang bersangkutan dan mengenai kaki sebelah kiri.

Dari kedua tersangka tersebut berhasil diamankan barang bukti yang sesuai hasil pemeriksaan labfor berupa narkotika jenis shabu berat 7,1048 gram dan uang tunai hasil transaksi senilai Rp. 28.500.000 yang disimpan didalam sadel motor.

Yang memprihatinkan adalah satu dari tersangka yang kita amankan adalah mantan mahasiswa penerima beasiswa berprestasi yang kemudian jatuh kedalam lingkaran peredaran gelap narkoba.

Selanjutnya satu tersangka lagi juga di amankan tim penindakan dan pengejaran BNNP Sulbar berkat laporan masyarakat yang resah akibat di wilayah kecamatan Campalagian Kab. Polman sering dijadikan tempat transaksi jual beli narkotika kemudian di dalami kembali oleh BNNP Sulbar dan berhasil menangkap satu orang tersangka inisial ABD di desa Bonde Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar tepatnya di depan pasar Campalagian pada saat akan melakukan transaksi narkotika.

Selanjutnya satu orang tersangka di amankan pada tanggal 28 Maret 2021 saat akan melakukan transaksi narkotika di depan pasar Campalagian Kabupaten Polman yang juga hasil penyelidikan tim dilapangan berdasarkan informasi masyarakat bahwa sering terjadi transaksi narkotika di wilayah tersebut.

Setelahi dalami laporan tersebut berhasil kembali ungkap pelaku yang membawa narkotika jenis shabu dengan berat bruto 2,33 gram kini terus kembangkan sehingga pelaku yang lain masih dalam status DPO dalam pengejaran Tim Dakjar BNNP Sulbar.

DPRD Apresiasi:

Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Halim mengapresiasi kinerja BNNP Sulbar dalam upaya penegakan hukum pelaku tindak pidana narkotika di Sulawesi Barat.

“Kami selaku Pimpinan Dewan yang merupakan perwakilan rakyat Sulawesi Barat mengapresiasi tindakan dan kinerja kawan-kawan BNNP Sulbar, ini merupakan tugas kita bersama demi menyelamatkan generasi kita kedepan. Kami selaku wakil rakyat akan memberikan dukungan penuh kepada BNNP Sulbar dalam upaya pemberantasan narkoba di Sulawesi Barat yang kita cintai ini” ujar Abdul Halim.

Wakil rakyat itu berjanji upayakan tahun anggaran 2022 kedepan akan ada anggaran khusus sosialisasi ke sekolah-sekolah bahkan di masyarakat langsung tentang bahaya narkoba untuk dapat respon Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan atensi penuh. (grd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *