Lemkapi: Kabareskrim Baru Harus Reserse Tulen

Dr. Edi Hasibuan – Ketua Presedium Lemkapi

POL Lembaga Kajian Strategis kepolisian (Lemkapi) mendorong Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar merekomendasikan posisi Kabareskrim diiisi pati Polri senior. Kandidat utama orang nomor satu di badan reserse kriminal Mabes Polri itu harus sosok jenderal bintang tiga yang reserse profesional tulen.

“Di satu sisi penunjukkan Kabareskrim dari jenderal senior polri itu juga dalam rangka semakin menguatkan soliditas senior dan yunior sekaligus menjaga jenjang tugas dan kepangkatan sesuai kinerja d lapangan. Di satu sisi bisa saja Kabareskrim baru nanti adalah sosok pati polri yunior adik leting Kapolri Sigit (misalnya alumni Akpol 1992) dengan track record tulen ahli reserse pro fesional, ” ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi S Hasibuan kepada presidenonline.com d jakarta Kamis (18/2) pagi.

Edi menambahkan, Kapolri punya prerogatif untuk tunjuk kabareskrim baru. Selain penetapan jabatan kabareskrim berdasarkan track record hingga pertimbangan sosok reserse tulen senior profesional itu terkait PR bareskrim menyelesaikan sampai menghadapi tantangan penegakan hukum ke depan.

Tugas strategis kabareskrim saat ini semakin komplek era pandemi.
Dibutuhkan kinerja reserse profesional mendukung Kapolri jenderal Listyo Sigit.

Edi juga dosen Fakultas Hukum Ubhara Jakarta dan pernah komisioner Kompolnas dan Ketua Forum Wartawan Polri ini tidak menampik munculnya calon-calon kabareskrim baru terbaik dan memenuhi syarat setelah ditinggal Jenderal Sigit.

“Mereka terdiri dari jenderal bintang dua sampai tiga senior antara lain Komjen Pol Agus Andrianto saat ini Kabaharkam Mabes Polri, Irjen Pol Karyoto (Deputi Penindakan KPK
Kemudian Irjen Pol M Fadil Imran (Kapolda Metro Jaya), Irjen Pol Dofiri (Kapolda Jawa Barat).
Irjen Pol Heri Nahak (Kapolda Kalimantan Timur. Irjen Pol M Iqbal (Kapolda NTB. Irjen Pol Prof Dr Rudi Hariyanto (Kapolda Banten) dan Irjen Pol Toni Harmanto (Kapolda Sumatera Barat,” ujar Dr. Edi Hasibuan.

Dari nama nama jenderal bintang satu dan dua tulen ahli reserse tersebut lanjut Edi yang utama lainnya bisa sejalan bahkan punya kecocokan kinerja lahir batin dengan Kapolri Listyo Sigit.
Selain belakangan ini santer memang sosok Komjen Agus Andrianto, Irjen Pol Heri Nahak, Irjen Dofiri dan .Irjen Pol Karyoto yang pati polri senior masing .masing pernah menjabat direktur reserse adalah te i7pat jadi Kabareskrim. (grd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *