ICK Berharap Kekosongan Kabareskrim Jangan Berlarut

POL – ADA Pertanyaan publik siapa Kabareskrim pengganti Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang kini menjadi Kapolri? Dan pertanyaan itu terungkap dari Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK).

Menurut Ketua Presedium ICK, Gardi Gazarin, SH. Era pandemi ini mendorong dan mendukung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menunjuk dan mengangkat calon penggantinya sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri adalah sosok Perwira Tinggi (Pati) loyal dan berpengalaman menjalankan tugas profesional di bidangnya. Namun dengan Kursi kosong Kabareskrim berlangsung tiga pekan ini setelah pengangkatan Listyo sebagai Kapolri harus benar-benar dicermati.

ICK berharap kelangsungan harmonisasi dan koordinasi di institusi seragam coklat lebih baik dibawah kepimpinan Kapolri yang merupakan Akpol 1991.

“ICK berharap Kabareskrim pengganti Kapolri adalah sosok Pati Polri berpengalaman di bidangnya mendukung kiprah Jenderal Listyo. Kapolr jugai harus memikirkan langkah ke depan untuk lebih mempererat soliditas terutama maksimalkan harmonisasi kepemimpinan Jenderal Listyo dengan yunior sampe seniornya,” kata Ketua Presidium ICK, Gardi Gazarin, SH, dalam siaran persnya, Rabu (17/2/2021).

Lebih lanjut Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) periode 2014 -2016 ini menyatakan selain pentingnya menjaga harmonisasi, koordinasi tugas baik di lingkungan satuan kerja Mabes Polri maupun wilayah Polda.

“Bila Kapolri sesuai prerogatif menunjuk penggantinya di Kabareskrim tentu ICK dukung Pati Polri profesional terbaik bidang reserse adalah demi penegakan hukum untuk kamtibmas mantab terkendali era pandemi. ICK optimis berkat koordinasi profesional di tubuh Polri juga akan lebih baik untuk trus menguatkan soliditas” ungkap Gardi Gazarin, wartawan senior yang malang melintang meliput insiden kejahatan konfensional dan transnasional di wilayah hingga Mabes Polri.

Tentunya, koordinasi dan soliditas itu mendukung anggota bekerja di lapangan lebih baik lagi dalam menjaga Kamtibnas. Mengingat Polri ujung tombak Kamtibmas dari masa ke masa. Karenanya yang harus dan selalu dijaga Polri, agar masyarakat dari Sabang hingga Merauke walau dalam suasana pandemi saat ini merasa nyaman dan selalu damai berkat terjaganya Kamtibmas yang baik.

Meski demikian, Gardi tak memungkiri beredarnya nama-nama kandidat Kabareskrim di antaranya, Komjen Pol Agus Andrianto alumni Akpol 1989 kini Kabaharkam Mabes Polri. Irjen Pol Prof Dr Rudi Hariyanto (Kapolda Banten , Irjen Pol M Iqbal ketua alumni Akpol 1991 sekarang jadi Kapolda NTB.
Irjen Pol Wahyu Widada, lulusan terbaik Akademi Polisi (Akpol) 1992 yang saat ini menjabat Kapolda Aceh.
Irjen Pol Nico Afinta, lulusan Akpol 1992 saat ini menjabat Kapolda Jawa Timur.
Kemudian Irjen Pol Dofiri, lulusan terbaik Akpol 1989 yang menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat. Ada pula
Irjen Pol Karyoto Akpol 1990 (Deputi Penindakan KPK),
Irjen Pol M Fadil Imran kini Kapolda Metro Jaya (Akpol 1991), Irjen Pol Lutfi (Kapolda JawaTengah) iserta Irjen Pol Heri Nahak alumni terbaik Akpol 1990 kini Kapolda KalimantanTimur. (hs/di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *